Laman

JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 03 Januari 2012

Berita Kebumen : Dikembangkan, 'Nata De Coco' Perasa Alami

KEBUMEN (KR) - Setelah bertahun-tahun menggunakan perasa instan buatan pabrik, para perajin minuman nata de coco di Kecamatan Petanahan  beralih menggunakan perasa alami. Bahan perasa yang mereka gunakan ternyata mudah didapatkan  dan sebagian berasal dari lingkungan di sekitar mereka.
"Penggunaan perasa alami itu dilakukan setelah pelatihan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, baru-baru ini. Wacana penggunaan perasa alami itu disambut positip oleh perajin, sehingga perajin langsung mempraktikkannya," jelas Kasi Produksi dan Pelintan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kebumen, Maysuri Karim saat meninjau aktivitas pembuatan nata de coco di Desa/Kecamatan Petanahan   Kebumen, Selasa (3/1).
Petanahan menurut Maysuri merupakan salah satu sentra nata de coco di Kebumen. Dengan 50 unit usaha, produksinya mencapai 2 ton perminggu. Pembuatannya memanfaatkan air kelapa yang berasal dari pengolahan kopra di desa itu. Selain dijual ke pabrik pengolahan minuman kemasan di Yogyakarta,  perajin mengolah sebagian nata de coco menjadi minuman siap saji.
Seorang perajin, Afifah (40), saat ditemui di rumahnya Desa Petanahan menuturkan, selama bertahun-tahun bersama 3  rekannya memproduksi minuman siap saji berbahan baku nata de coco dengan perasa instan buatan pabrik. Minuman itu dipasarkan di sejumlah pasar dan toko serta diecerkan para pedagang sayur keliling di Kecamatan Petanahan dan Klirong.  Tawaran BPTP Jawa Tengah untuk melatih perajin beralih ke perasa alami, disambut positip  oleh para perajin.
"Instruktur menjelaskan, bahan alami baik bagi kesehatan, sehingga kami antusias menerapkannya dalam usaha kami," jelas Afifah.
Perasa alami  di antaranya berasal dari kulit kayu secang, kayu manis, jeruk purut dan jahe. Kulit kayu secang dan kayu manis bisa diperoleh di Pasar Petanahan, sedangkan  jeruk purut dan jahe banyak ditanam oleh warga setempat. Saat rasa baru itu dilempar ke pasaran, ternyata konsumen menyambut gembira. Sehingga, Afifah dan perajin lainnya merasa semangat menggunakan perasa alami.
Setiap hari Afifah membuat nata de coco dari 120 liter air kelapa. Nata de coco mentah itu sebagian disetorkan ke koperasi setempat dan  sisanya sebanyak 5 kilogram diolah menjadi ratusan bungkus minuman siap saji yang dijual Rp 1.000 perbungkus.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara Mudah, Cepat Dan Tanpa Resiko Membuat Uang Secara Online, Ikutan Gabung yuk !  Klik Disini !
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca berita lain :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)